PT IMK akan Beroperasi Lagi Warga Sekitar Harus Diberdayakan

  • 04 Maret 2014 - 17:37 WIB
PERUSAHAAN tamba­ng emas PT Indo Mu­ro Kencana (IMK) yang beroperasi di Ke­camatan Tanah Siang Selatan­, Kabupaten Murung Raya (Mu­ra) tak lama lagi akan ber­operasi lagi.
Diharapkan dengan berope­rasinya perusahaan yang sering menuai kontroversi ini bisa melibatkan masyarakat se­kitar untuk ikut bekerja.
Dede, warga Desa Datah Ko­tou, Kecamatan Tanah Si­ang Selatan mengatakan berdasar informasi yang dia te­rima dari karyawan PT IMK jika perekrutan karyawan akan dilaksanakan dalam be­berapa bulan lagi.
Saya dengar sendiri orang da­lam PT IMK mengatakan ti­dak lama lagi perusahaan akan beroperasi lagi. Ini di­tan­dai dengan akan direkrutnya pekerja baru yang akan mengisi berbagai jabatan disegala bi­dang,tutur Dede, Senin (3/3).
Selaku warga yang masuk dalam desa binaan PT IMK mereka bisa diberikan peker­jaan, karena sejak perusahan vakum, kondisi perekonomian di daerahnya makin terpuruk.
Untuk mencukupi kebutuh­an pasca perusahaan vakum, dia menyebut banyak masya­rakat yang diberhentikan.
Lalu mereka bekerja me­nam­bang dengan cara menggali bekas lubang tambang PT IMK, namun hasinnya tak pas­ti, karena tergantung dari be­rapa banyak pendapatan yang mereka peroleh dan ke­mudian dibagi dengan jum­lah­ orang yang bekerja.
Informasinya manajenen pe­rusahaan telah diganti se­mua. Otomatis semua peker­ja yang dulu juga diganti, ucapnya.
Terpisah, Kepala Dinas Sosi­al,­ Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kabupaten Mura, Krisna Dehen belum bisa memberi keterangan mengenai kabar akan beroperasinya PT IMK da­lam waktu dekat ini.
Diketahui, aktivitas PT IMK ini sem­pat terhenti beberapa bu­lan, karena pe­ru­sa­haan yang sahamnya dikuasi para pe­nanam modal asing (PMA) ini diduga telah me­rusak si­tus cagar budaya Gunung Pu­ruk Kambang­.
Dan yang tidak kalah me­re­but perhatian adanya penye­rangan ke fasilitas perusahan yang dilakukan para penam­ba­ng liar yang berujung berti­kainnya antara penambang li­ar dengan Brimob, sehingga me­nyebabkan jatuhnya kor­ban­ antara kedua belah pihak. 

Comments

Popular posts from this blog

Future Tense, Future Continuous Tense, Future Perfect Tense, And Future Perfect Continuous Tense (Versi Indonesia)