FRIENDLY ADVICE BAGI YANG BELUM PUASA SYAWAL

Friendly advice bagi Sahabat yang belum mulai Puasa Syawal 6 Hari,  pada prinsipnya puasa bisa dilakukan kapan saja sepanjang masih bulan Syawal (berakhir pada 14 Juli 2018), namun waktu terbaik untuk melakukannya adalah pada dua alternatif ini:

1. Mulai Senin-Sabtu, 25-30 Juni (11-16 Syawal), atau

2. Mulai Rabu-Senin, 27 Juni-2 Juli (13-18 Syawal).

Sebab pada dua waktu di atas akan bertemu dengan tanggal 13, 14, 15 Syawal yang merupakan tengah bulan (Ayyamul Bidh), sehingga Puasa Syawal juga akan berpahala Puasa Ayyamul Bidh, yang sangat disukai Nabi dan rutin dipraktikkan beliau.

Selain itu, pada kedua waktu juga akan bertemu hari Senin dan Kamis, sehingga Puasa Syawal akan berpahala Puasa Senin-Kamis sekaligus, puasa yang juga rutin dilakukan Nabi SAW.

Dengan kata lain, bagi yang menjalankan Puasa Syawal pada salah satu dari dua rangkaian waktu di atas, *In sya Allah akan mendapatkan juga pahala Puasa Ayyamul Bidh dan Puasa Senin-Kamis sekaligus. Itu di luar Puasa Syawal sendiri yang bernilai setahun puasa.*

Semoga Allah  mudahkan kita melakukan Puasa Syawal di umur kita yang sudah/jelang setengah abad ini, sekaligus sebagai pertanda keberhasilan ibadah Ramadhan kita yang terus berbuah dengan peningkatan ibadah.

Namun bagi Sahabat yang kesulitan menjalankan Puasa Syawal secara 6 Hari berurutan, tidak mengapa menjalankannya terpisah-pisah sepanjang tetap di bulan Syawal. Yang penting, jangan tinggalkan Puasa Syawal demi kebaikan kita sendiri.

Wallahul musta'an.

Comments

Popular posts from this blog

Future Tense, Future Continuous Tense, Future Perfect Tense, And Future Perfect Continuous Tense (Versi Indonesia)