Revolusi Keuangan Pribadi

Tantangan hidup yang kian kompleks menuntut kesiapan diri yang makin tinggi, karena bermodalkan kesiapan sajalah tantangan yang rumit dapat terselesaikan. Dan tidak itu saja, melalui persiapan jugalah seseorang dapat memicu semangat belajar untuk melakukan penyesuaian. Hal yang sama juga pada bidang keuangan, tepatnya manajemen keuangan pribadi. Logikanya adalah berubahnya lingkungan dan berbagai faktor lainnya seperti ekonomi, sosial, budaya, teknologi, dan lain-lainnya kian membuat perhatian pada pengelolaan keuangan yang tepat semakin menjadi kebutuhan.
Untuk itu dalam tulisan singkat ini diarahkan pada melakukan perubahan dalam jangka waktu cepat atau biasanya disebut sebagai revolusi, yang mana tentu saja revolusi dalam bidang keuangan. Spesifiknya yaitu bagaimana menjadi sadar dan mau berubah ketika mengelola keuangan sehingga mampu mempertebal benteng keuangan (financial asset). Meningkatnya benteng keuangan akan mengarahkan pada pencapaian kebebasan keuangan dan tentu saja hal ini membutuhkan pengorbanan. Pengorbanan yang dimaksud yaitu kesadaran untuk melihat diri atau merefleksi diri sehingga menemukan bintik-bintik kesalahan yang kadang-kadang sulit dideteksi.
Sehubungan dengan pengorbanan diri itulah, dapat dikatakan bahwa perubahan mendasar namun waktunya lebih cepat sebenarnya merupakan kesadaran dan hal itu dapat dikatakan merupakan salah satu langkah awal untuk merubah paradigma. Setelah berani melihat diri, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah meningkatkan pengetahuan keuangan secara kontinyu. Namun seperti yang diketahui bahwa perubahan yang cepat dapat dilakukan apabila ada komitmen untuk melakukan 2 hal tersebut secara berkesinambungan dan kontinyu, dan kadang-kadang orang yang melakukan 2 hal ini hanyalah semangat pada awal-awalnya saja sedangkan sisanya akan mulai malas atau bahkan berhenti melakukannya.
Setelah memperdalam dua hal sebelumnya terus-menerus, selanjutnya adalah mengaplikasikannya secara benar dan jangan lupa untuk membuka diri pada informasi-informasi baru atau pun berbagai saran dari para pakar keuangan. Hal ini menimbang untuk menjaga konsistensi perubahan perilaku. Lebih teepatnya adalah berteman dengan berbagai pihak yang memiliki kompetensi keuangan yang handal akan mendorong stimulasi untuk tetap konsisten mempertajam kesadaran diri serta kecerdasan keuangan guna mencapai kebebasan keuangan. Semoga saja dengan anda berhasil merevolusi keuangan pribadi anda dan meningkatkan kesejahteraan keuangan demi kebaikan anda, keluarga, masyarakat dan negara.

Comments

Popular posts from this blog

Future Tense, Future Continuous Tense, Future Perfect Tense, And Future Perfect Continuous Tense (Versi Indonesia)