PEMAHAMAN MANAJEMEN PROYEK (part 1)

PROYEK
proyek adalah suatu urutan dari peristiwa yang dirancang dengan baik dari awal hingga akhir, yang diarahkan untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang jelas. Proyek sangatlah berbeda dengan kegiatan rutin sehari-hari, karena tujuan dari proyek yang tertentu, bukan peristiwa yang rutin. karena bukan kegiatan yang rutin, proyek memerlukan perencanaan, pelaksanaan dan pemanfaatan.


MANAJEMEN Proyek, lebih menekankan pada penjadwalan dan pengendalian dibandingkan dengan manajemen biasa. untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan secara cepat, tepat dan sefektif mungkin, maka penjadwalan dan pengendalian proyek ini harus dilakukan dengan seteliti dan seoptimal mungkin.

Permasalahan yang sering muncul dari manangani suatu proyek adalah :
1. sulitnya menyelesaikan proyek tepat waktu.
2. Seringnya pelaksanaan proyek membutuhkan biaya yang lebih besar dari rencana
3. Sulitnya menggunakan sumber daya se efisien mungkin.

PENJADWALAN PROYEK
Dalam banyak hal dari kasus yang ada, penjadwalan proyek merupakan alat yang diperlukan guna menyelesaikan suatu proyek. untuk proyek kecil dengan beberapa tahapan kegiatan, tahapan pelaksanaan umumnya dapat dibayangkan sehingga penjadwalan tidak begitu mutlak dilakukan. Tetapi berbeda dengan dengan proyek yang berskala besar dimana selain jumlah kegiatan yang banyak dan sangat besar serta rumitnya ketergantungan antara kegiatan, tidaklah mungkin lagi hanya cukup di bayangkan saja. penjadwalan dan kontrol akan semakin menjadi rumit dan sangat penting agar kegiatan dapat dilakukan se efisien mungkin.
Unsur utama dari penjadwalan ini adalah peramalan/perkiraan/dugaan (FORECASTING), walau pun didasari bahwa perubahan perubahan dapat saja terjadi nantinya dan akan mempengaruhi pola rencana nya sendiri.
Penjadwalan itu sendiri adalah berpikir secara mendalam melalui berbagai persoalan-persoalan, menguji coba jalur-jalur/kegiatan kegiatan/ kemungkinan-kemungkinan yang logis,menyusun berbagai macam kegiatan sehingga didapat satu kegiatan komplit/ lengkap dan menuliskan mcam-mcam kegiatan dalam kerangka yang logis dan rangkaian waktu yang tepat.

Comments

Popular posts from this blog

Future Tense, Future Continuous Tense, Future Perfect Tense, And Future Perfect Continuous Tense (Versi Indonesia)

PERDEBATAN ANTARA GOLONGAN TUA DAN MUDA MENJELANG PROKLAMASI